by

12 Pembersih Wajah Alami Pengganti Sabun Muka

Memiliki wajah yang bersih tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Sebab, kulit wajah yang kusam, kotor, dan bahkan berjerawat bisa mengganggu penampilan dan bahkan menurunkan rasa percaya diri kita. Kini untuk mendapatkan kulit wajah bersih dan berseri, sebanarnya bukanlah cara yang sulit. Selain dengan rutin membersihkan wajah, kamu juga bisa memilih beberapa pembersih wajah alami yang bisa kamu buat sendiri.

Jika sebelumnya kamu memilih sabun muka untuk membersihkan wajah dari make up, debu, dan kotoran. Tidak ada salahnya jika beberapa bahan yang ada di sekitarmu, kamu jadikan sebagai perbersih pengganti sabun muka. Apa saja bahan yang bisa dijadikan sebagai pembersih wajah alami dan bagaimana cara membuatnya. Berikut beberapa pembersih alami yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti sabun muka:

  1. Pepaya

Selain enak dimakan, pepaya juga memiliki beberapa manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Salah satunya dengan cara dibuat sebagai pembersih alami. Buah yang mengandung vitamin B, vitamin C, mineral, betakaroten, dan enzim ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Selain bisa diminum sebagai jus atau digunakan sebagai masker wajah. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai pembersih pengganti sabun muka. Caranya, haluskan pepaya kemudian oleh pada wajah. Sesekali kamu bisa memijat pelan sambil meratakan halusan pepaya. Tunggu 5 – 10 menit kemudian kamu bisa membilasnya dengan air bersih.

  1. Mangga

Buah yang satu ini memiliki kandungan yang sangat bagus untuk menutrisi kulit dari dalam maupun luar. Selain bisa dimakan atau dibuat jus, kamu juga bisa menggunakannya sebagai pembersih wajah alami. Caranya, haluskan buah mangga yang sudah matang . Campurkan 1 – 2 sendok madu kemudian oleskan pada wajah secara merata. Tunggu 5 sampai 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Madu

Khasiat madu memang tidak diragukan lagi. Selain bermanfaat untuk menambah stamina tubuh, madu juga memiliki segudang manfaat untuk perawatan wajah. Jika biasanya madu sering kamu gunakan untuk masker. Maka bahan alami yang satu ini juga bisa kamu gunakan sebagai sabun cuci muka. Caranya, ambil 2 – 3 sendok madu kemudian letakan pada tangan. Gunakan seperti kamu menggunakan sabun muka. Pijat secara perlahan dan tunggu beberapa menit. Setelah itu kamu bisa membasuhnya dengan air bersih.

  1. Mentimun

Selain bermanfaat sebagai antioksidan alami, buah yang satu ini juga bagus untuk menjaga kulit agar tetap bersih dan segar. Kamu bisa menggunakan buah mentimun sebagai masker atau pembersih muka. Caranya, haluskan mentimun secukupnya. Gunakan seperti kamu menggunakan masker pada umunya. Diamkan hingga beberapa menit dan setelah itu kamu bisa membasuhnya dengan air bersih.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya digunakan untuk perawatan rambut saja. Melainkan juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Selain bisa digunakan sebagai anti iritasi pada kulit yang berjerawat. Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai bahan pembersih muka yang alami. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker untuk membersihkan wajah dari debu dan kotoran. Caranya, ambil bagian gel dalam lidah biaya. Oleskan pada wajah secara merata. Setelah itu, diamkan 5 – 10 menit dan bilas dengan air bersih.

  1. Air Bunga Mawar

Selain banyak digunakan untuk beberaap produk kecantikan. Khasiat air bunga mawar juga bisa kamu gunakan sebagai pembersih alami. Namun kali ini kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya, ambil beberapa helai bunga mawar yang masih segar. Rendam bunga mawar ke dalam 1 gelas air. Diamkan selama 6 – 8 jam. Jika sudah kamu bisa menggunakannya sebagai face spray atau langsung dioleskan ke wajah sebagai pembersih. Kandungan PH nya yang mencapai 5 – 6 membuat air mawar sangat bagus untuk menjaga kulit wajah kamu.

  1. Air Beras

Jika biasanya bekas cucian beras suka kamu buang begitu saja. Sebenarnya air bekas cucian beras ini bisa kamu gunakan untuk perawatan kulit secara alami. Dimana selain banyak digunakan untuk produk-produk kecantikan, air beras juga bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan wajah secara alami. Caranya, ambil air bekas cucian berat. Diamkan beberapa jam hingga mengendap. Gunakan endapan air beras tersebut sebagai masker. Jika rutin digunakan, maka kulit wajah akan nampak lebih putih dan bersih.

  1. Lemon dan Tomat

Buah yang kaya kandungan air ini juga sangat baik untuk perawatan kulit wajah. Lemon yang memiliki kandungan anti-inflamasi dapat digunakan untuk mengatasi jerawat pada wajah. Sedangkan, tomat yang memiliki kandungan air tinggi bisa digunakan sebagai antioksidan untuk mencegah penuaan dini. Selain itu, kedua buah ini juga bisa kamu gunakan sebagai amsket pembersih wajah. Caranya, haluskan 1 buah tomat. Kemudian campur dengan perasan air lemon. Gunakan secara merata seperti masker. Diamkan 10 – 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Minyak Kelapa

Pembersih wajah alami juga bisa kamu buat dari bahan minyak kelami murni. Meskipun cara membuatnya sedikit rumit, namun kamu bisa menggunakannya hingga beberapa kali pakai. Caranya, parut buah kelapa yang sudah tua. Kemudian ambil perasan kelapa yang sudah kamu parut. Jika sudah masak dengan api sedang untuk mendapatkan minyaknya. Minyak kelapa inilah yang bisa kamu gunakan sebagai pembersih alami. Kamu bisa menggunakannya hingga beberapa kali pakai.

  1. Apel

Selain bisa untuk menjaga kelembaban kulit, buah apel juga bermanfaat untuk membersihkan wajah dengan sempurna. Kamu bisa menggunakannya seperti masker. Caranya, ambil 1 buah apel segar kemudian haluskan. Oleskan secara merata di bagian wajah. Tunggu 5 – 10 menit kemudian bilas dengan aor bersih.

  1. Yoghurt

Mengandung protein yang sangat tinggi, membuat yoghurt banyak digunakan untuk perawatan kulit secara alami. Selain itu, makanan berfermentasi ini juga memiliki kandungan Lactic Acid yang sangat berperan untuk proses detoksifikasi kulit. Jika digunakan secara rutin, maka racun-racun yang terkandung di dalam wajah pun akan bersih. Untuk caranya sendiri, cukup dioleskan saja di bagian wajah secara merata. Tunggu hingga 5 menit atau lebih baru kemudian dibilas dengan air bersih.

  1. Minyak Zaitun

Tidak dipungkiri jika minyak zaitun memiliki kandungan yang sangat bagus untuk merawat kulit wajah baik dari dalam maupun luar. Selain untuk menjaga kelembaban wajah, minyak zaitun juga bisa kamu manfaatkan sebagai permbersih pengganti sabun muka. Caranya, cukup oleskan minyak zaitun secara merata di bagian wajah. Diamkan beberapa menit baru kemudian dibilas dengan air. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun secara rutin untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di bagian kulit wajah.

Ternyata beberapa bahan alami yang ada di dekat kita pun bisa digunakan sebagai pembersih wajah alami yang bisa dibuat dengan mudah. Jadi, selain bisa menggunakan produk pembersih yang dijual di pasar. Kamu juga bisa memanfaatkan beberapa bahan alami di atas sebagai pembersih untuk mengganti sabun muka.

News Feed