by

7 Penyebab Gigi Berlubang yang Bikin Mulut Jadi Bau

Saat gigi berlubang saja sudah menjadi masalah serius. Bagaimana pula jika bertambah masalah lagi dengan timbulnya bau mulut tak sedap? Penyebab gigi berlubang yang bikin mulut jadi bau sebagian besar didominasi oleh berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis. Selain makanan manis, apa saja penyebabnya?

  1. Mengonsumsi Alkohol

Ada alkohol alami yang dibuat dari proses penyulingan. Ada pula alkohol yang terbuat secara instan menggunakan obat kimiawi. Keduanya bisa menimbulkan mulut jadi bau plus mampu merusak lapisan luar gigi. Adapun jenis minuman alkohol yang paling sering dikonsumsi adalah cocktail, bir, dan lain sebagainya.

Aroma alkohol mayoritas begitu menyengat. Tidak hanya berhenti pada bau aslinya saja, tetapi juga saat dikonsumsi, masuk mulut, hingga melewati kerongkongan. Alhasil, mulut pun jadi ikut bau. Cara menghilangkan bau mulut akibat alkohol ini bisa menggunakan permen karet tanpa gula agar produksi air liur dalam mulut bisa lebih lancar.

  1. Terbiasa Merokok

Asap rokok yang berbentuk gas itu mampu beradaptasi dengan jalur pernapasan, menyatu dengan tubuh, serta berpengaruh terhadap gigi manusia. Oleh karena itu, saat gigi Anda berlubang dan masih sering merokok, akan timbul bau tak sedap dari area mulut. Dalam waktu berkesinambungan, bahkan baunya bisa meresap ke bagian tubuh yang lain.

  1. Efek dari Obat-obatan Kimia

Hal ini sering terjadi pada siapa pun yang menderita penyakit lain selain gigi berlubang. Penyakit tersebut memungkinkan ia untuk mengonsumsi obat-obatan kimia yang diberikan oleh dokter atau beli di toko obat. Biasanya obat yang berkenaan dengan otot tegang, darah tinggi, serta pereda depresi.

  1. Biasa Tidur dengan Bernapas lewat Mulut

Kadang bukan karena gigi berlubangnya yang bikin mulut jadi bau. Akan tetapi, bisa terjadi karena kebiasaan bernapas lewat mulut sewaktu tidur atau yang kerapkali kita sebut dengan “mengorok”. Cara mengatasi kebiasaan mengorok salah satunya dengan sering mengonsumsi air putih. Jangan gosok gigi secara teratur dan menyeluruh.

  1. Aktivitas Bakteri

Semua makhluk hidup, selain tumbuhan, ketika beraktivitas pasti mengeluarkan kotoran. Tidak terkecuali dengan bakteri. Bahkan bakteri menjadi penyebab gigi berlubang paling utama. Sepanjang hari dan sepanjang beraktivitas, kotoran bakteri turut membuat lubang gigi jadi lebih bau dari hari-hari sebelumnya.

  1. Adanya Tumpukan Makanan yang Mengkristal

Ketika sisa makanan mengkristal, maka terbentuk plak atau yang sering kita sebut dengan karang gigi. Bau pada gigi Anda yang berlubang juga bisa dipicu oleh masalah ini. Untuk mengatasinya, ada banyak cara yang bisa Anda gunakan. Salah satunya dengan berkumur-kumur dengan air garam hangat sampai bau mulut Anda hilang sepenuhnya.

Pada waktu menyikat gigi, pakai sikat yang memiliki bulu-bulu halus. Jangkau sela-sela gigi dengan sikat tersebut hingga menyeluruh dan tidak ada yang tertinggal. Selain bau mulut hilang, begitu selesai menggosok gigi, ada kesan segar yang sangat melegakan perasaan. Kemudian perbanyak air putih untuk menjaga mulut agar tetap bersih.

  1. Sering Mengonsumsi Makanan atau Minuman Pembangkit Bau Mulut

Makanan dan minuman apa saja yang dimaksud? Mulai dari bawang bombai, makanan pedas, kopi, bawang putih, telur, dan lain sebagainya. Tak apa sih jika Anda mengonsumsi makanan tersebut, tapi jangan terlalu sering dan secukupnya saja. Untuk mengatasi bau mulut akibat makanan dan minuman ini, bisa gunakan permen mint.

Meski kesannya terpisah, antara bau mulut dengan gigi berlubang itu memiliki hubungan yang sangat erat. Di antara sekian banyak penyebab gigi berlubang yang bisa menimbulkan bau mulut, kontribusi terbanyak ada pada soal bakteri dan penumpukan sisa makanan.