by

Anda Harus Tahu, 5 Kebiasaan Diet yang Salah dan Berbahaya

Sebagian orang rela melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan berat badan ideal. Mulai dari olahraga fisik hingga diet ketat. Berbagai program diet juga makin banyak ditawarkan untuk yang memiliki berat badan berlebih. Namun banyak orang justru melakukan kebiasaan diet yang salah dan membahayakan kesehatan.

Diet yang salah tidak banyak memberikan hasil justru sebaliknya dapat memperburuk kesehatan. Seperti gangguan pencernaan, mudah lelah dan tidak bersemangat, mudah marah hingga depresi hingga mudah sakit. Karena itu jangan asal diet tanpa memahami baik tidaknya untuk kesehatan.

5 Kebiasaan Diet yang Salah

Karena ingin menurunkan berat badan untuk mendapat berat badan yang ideal, sering kali kebiasaan diet yang salah dilakukan. Sebaiknya sebelum melakukan diet pahami betul diet yang benar agar tidak menimbulkan risiko. Berikut kebiasaan diet yang salah dan harusnya dihindari:

  1. Tidak sarapan pagi

Meskipun ingin menurunkan berat badan, jangan sekali-kali meninggalkan sarapan pagi. Tidak sarapan pagi justru membuat makan siang membutuhkan porsi ang lebih banyak. Selain itu, meninggalkan sarapan mempengaruhi mood menjadi tidak bersemangat. Bagi kesehatan jangka panjang, ternyata peninggalkan sarapan justru berisiko mengalami kegemukan atau obesitas.

  1. Makan tanpa garam

Pernah dengar diet tanpa garam? Diet ini pernah cukup populer karena dinilai berhasil ada beberapa orang. Namun perlu diketahui risiko menghentikan asupan garam pada tubuh dapat berbahaya. Sebab tubuh membutuhkan asupan garam untuk berbagai kebutuhan. Seperti untuk memproduksi hormon tiroid, menjaga aktivitas sel saraf, meningkatkan dungsi otak hingga menjaga keseimbangan cairan tubuh.

  1. Konsumsi penurun berat badan tanpa pengawasan dokter

Ada banya produk pelangsing yang mengklaim mampu menurunkan berat badan dengan maksimal. Namun jika Anda ingin menggunakan cara ini pastikan melakukan konsultasi dengan dokter. Hal tersebut untuk memastikan obat yang Anda konsumsi aman dan tidak membahayakan, apalagi kian maraknya obat-obatan ilegal. Saat ini untuk melakukan konsultasi dengan dokter semakin mudah, Anda bisa menggunakan layanan klikdokter.com untuk berkonsultasi.

  1. Konsumsi makanan yang salah

Menurunkan berat badan memang disarankan memperbana konsumsi protein dan lemak, namun jangan sampai terlalu banyak. Sebab justru dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti meningkatkan kadar kolestrol yang dapat memicu stroke hingga jantung. Kesalahan konsumsi makanan lannya adalah mengontrol jumlah kalori pada makanan namun tidak pada minuman. Minuman kaleng ataupun minuman cepat saji mengandung banyak kalori yang dapat menambah berat badan.

  1. Memuntahkan makanan dengan sengaja

Kesalahan fatal dalam diet adalah memuntahkan makanan yang baru saja dimakan. Bahkan kebiasaan tersebut termasuk gangguan psikologis. Efek samping pada tubuh bisa terlihat secara fisik seperti kulit dan rambut kusam. Efek lain berupa gangguan menstruasi, kerusakan kelenjar air liur, gangguan pencernakan hingga gangguan emosi.

Itu dia 5 kesalahan diet yang sering dilakukan dan membahayakan kesehatan. Diet yang baik dan aman cukup dengan menerapkan pola gizi seimbang, yani dengan mengonsumsi manakan berkarbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral sesuai porsi tepat setiap harinya. jangan lupa untuk berolahraga secara konsisten untuk membakar kalori yang ada dalam tubuh.

Perlu diingat, diet yang sehat tidak dapat diperoleh dengan cara instan. Tubuh Anda perlu menyesuakan dengan perubahan pola makan yang berubah. Namun yakin saja, jika dilakukan dengan konsisten, berat badan ideal akan didapatkan dan tidak mudah naik kembali.

News Feed