by

Beberapa Manfaat yang Didapatkan Ketika Mengonsumsi Bawang Putih Mentah

Bawang putih merupakan salah satu bahan atau bumbu masak yang pasti ada di dapur masyarakat Indonesia, karena memasak tanpa ada bawang putih rasanya kurang lengkap. Bawang putih ini juga memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita jika bawang putih dikonsumsi mentah.

Bawang putih ini merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki nama latin Allium sativum, bawang putih memiliki banyak kandungan yang dapat membantu dalam menangani kesehatan. Berikut terdapat beberapa manfaat yang didapatkan ketika mengonsumsi bawang putih mentah.

Manfaat yang Didapatkan Ketika Mengonsumsi Bawang Putih Mentah

  1. Dapat Menurunkan Tingkat Kolesterol

Bawang putih merupakan salah satu bahan makanan terbaik dalam mencegah penyakit kolesterol. Terdapat penelitian yang termaktub dalam Journal of Postgraduate Medicine yang menjelaskan bahwa makan 10 gram bawang putih mentah setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol dalam waktu dua bulan.

Penelitian ini juga diperkuat dengan adanya berbagai macam studi yang lebih up-to-date. Salah satu studi yang memperkuat adanya penelitian ini yaitu termuat dalam International Journal of Medical Science and Public Health pada tahun 2016 silam.

  1. Dapat Mengendalikan Tekanan Darah

Jika Anda memiliki riwayat penyakit hipertensi atau tekanan darah ini, maka menjaga pola makan merupakan salah satu hal yang harus selalu dilakukan agar tetap sehat. Salah satu makanan atau bahan makan yang bisa mengatasi penyakit ini yaitu bawang putih.

Bawang putih dalam menurunkan tekanan darah memiliki kedudukan atau dosis yang sebanding dengan obat hipertensi pada umumnya. Kandungan allicin dapat dirasakan pada bawang putih mentah ketika dikunyah, diuleg maupun dipotong hal ini membuat allicin lebih mudah diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh.

  1. Dapat Menyehatkan Jantung

Bawang putih juga memiliki potensi yang baik dalam mencegah risiko penyakit jantung, karena bawang putih dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan tambahan dalam menurunkan kolesterol dan tekanan darah, sehingga dapat mengurangi risiko aterosklerosis.

Berdasarkan sejumlah penelitian yang ada, dapat disimpulkan bahwa ekstrak aged garlic yang terdapat pada bawang putih dapat mengurangi penumpukan plak lunak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri. Sehingga dapat menyehatkan jantung Anda.

  1. Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat menurunkan beberapa risiko penyakit salah satunya penyakit kanker. Bawang putih dapat menurunkan risiko kanker pada perut, kanker kerongkongan, kanker pankreas, kanker payudara dan kanker prostat.

Bawang putih mentah ini memiliki banyak kandungan sulfur aktif yang dapat mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebaran sel kanker dalam tubuh.

  1. Dapat Melawan Radang, Pilek dan Batuk

Bawang putih merupakan salah satu jenis obat alami yang dapat memperkuat daya tahan tubuh, senyawa aktif allicin yang terdapat pada bawang putih ini. Senyawa allicin ini dapat membunuh berbagai kuman penyebab penyakit umum, seperti pilek, batuk dan radang tenggorokan.

Ketika Anda sakit, makan bawang putih ini dapat mengurangi gejala yang ditimbulkan dan membantu Anda untuk lekas sembuh. Terdapat beberapa penelitian juga menjelaskan bahwa jika rutin makan bawang putih mentah maka dapat mengurangi risiko jatuh sakit akibat tertular penyakit-penyakit umum itu.

  1. Dapat Mengatasi Jerawat

Kandungan senyawa allicin yang terdapat pada bawang putih memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik yang dapat membantu membunuh kuman penyebab jerawat. Sehingga sifat ini dapat membantu meredakan pembengkakan dan peradangan kulit.

Demikian penjelasan mengenai manfaat yang terkandung dalam bawang putih mentah yang bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsinya. Semoga dengan adanya informasi ini dapat meningkatkan dan menambah wawasan Anda serta semoga bermanfaat untuk banyak orang.

News Feed