by

Bencana Alam Hebat yang Menghantam Indonesia

-Berita-96 views

Tsunami Selat Sunda serangkaian bencana Hebat di Indonesia Tsunami yang melanda Selat Sunda di Indonesia pada Sabtu malam adalah yang terbaru dari serangkaian bencana di negara kepulauan yang luas tahun ini.

Tragedi lain termasuk gempa bumi yang meratakan bagian pulau wisata Lombok, dan gempa bumi dan tsunami yang menewaskan ribuan orang di pulau Sulawesi. Hampir 200 orang tewas ketika sebuah pesawat penumpang Lion Air menabrak Laut Jawa pada bulan Oktober.

Gempa Lombok

Lebih dari 100 orang tewas ketika gempa bumi menghancurkan pulau wisata Lombok di dekat Bali pada bulan Agustus. Lombok telah dilanda gempa 6,4 skala Richter pada tanggal 29 Juli yang menewaskan 17 orang dan sempat terdampar beberapa ratus trekker di lereng gunung berapi, Gunung Rinjani. Untuk informasi penting lainnya Anda bisa kunjungi Dagelan.co.

Bencana feri Sulawesi dan Sumatra

Setidaknya 31 orang tewas ketika sebuah feri yang bepergian dari Sulawesi ke pulau Selayar tenggelam pada Juli. Itu terjadi pada hari para pejabat membatalkan pencarian terhadap 164 orang yang diperkirakan tenggelam ketika sebuah kapal kayu tenggelam pada 18 Juni di sebuah danau kawah vulkanik yang dalam di pulau Sumatra.

Gempa dan tsunami Sulawesi

Pada bulan September, sebuah gempa bumi melanda daerah di sekitar Palu di pulau Sulawesi di Indonesia utara. The Gempa 7,5 SR menelurkan tsunami dan bersama-sama dua bencana alam hancur wilayah mengurangi sebagian besar Palu dan kota-kota lainnya menjadi puing-puing.

Ada 170 gempa susulan yang menghambat upaya penyelamatan dan butuh berhari-hari untuk memobilisasi alat berat untuk membantu upaya penyelamatan di pulau itu. Korban tewas resmi lebih dari 2.000 tetapi dikhawatirkan angka ini akhirnya bisa naik menjadi 5.000 . Koresponden kami, Kate Lamb, pergi ke Sulawesi setelah bencana dan ini adalah salah satu laporannya.

Apa Saja Bencana Alam Hebat yang Menghantam Indonesia?

Kecelakaan Lion Air

Hampir 200 orang meninggal pada Oktober ketika penerbangan Lion Air JT610 yang bepergian dari Jakarta ke Pangkal Pinang di Pulau Bangka menabrak laut beberapa menit setelah meninggalkan ibu kota.

Pertanyaan yang diajukan tentang keandalan jet Boeing 737 Max 8 setelah laporan bahwa itu terbang tidak menentu hari sebelumnya. Pemeriksaan kotak hitam pesawat menunjukkan bahwa mereka telah mengalami masalah dengan indikator kecepatan udara pada empat penerbangan sebelumnya .

Tsunami Selat Sunda

Para pejabat khawatir jumlah korban jiwa akibat bencana hari Sabtu bisa meningkat dengan sedikitnya 200 orang telah tewas dan ratusan lainnya cedera . Para ahli berpikir tsunami disebabkan oleh letusan gunung berapi Krakatau yang terkenal, yang memicu tanah longsor dan memicu gelombang mematikan. Mereka juga percaya air pasang saat bulan purnama mungkin memainkan peran.

Ketika negara pulih dari trio bencana alam yang mematikan yang melanda pada tahun lalu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengumumkan bahwa Indonesia kemungkinan akan menghadapi hal yang sama di tahun 2019.

Pada konferensi pers baru-baru ini, para pejabat BNPB mengatakan mereka memperkirakan bahwa kepulauan itu akan dihantam oleh setidaknya 2.500 bencana alam dari berbagai jenis dan tingkat keparahan tahun ini.

Mengenai ancaman letusan gunung berapi, BNPB mengatakan bahwa, dari 127 gunung berapi di Indonesia, hanya segelintir yang dianggap berisiko melakukan kegiatan berbahaya. Hanya satu gunung berapi – Sinabung di Sumatra Utara – berada pada tingkat siaga tertinggi sementara beberapa lainnya, termasuk Anak Krakatau di Selat Sunda dan Gunung Agung Bali, juga berada pada tingkat siaga yang relatif tinggi.

News Feed