by

Cara Menambah Viewer YouTube Paling Ampuh

Memiliki channel YouTube dengan konten keren, tapi penontonnya sedikit tentu menyebalkan. Padahal, upaya yang Anda lakukan sudah cukup banyak. Nah, Anda ingin tahu cara menambah viewer YouTube?

Di artikel ini, kami akan menjelaskan berbagai strategi menambah view YouTube. Jadi, tujuan Anda membangun channel tersebut, baik untuk mendapatkan uang atau membangun branding, bisa tercapai. Penasaran? Langsung saja simak caranya berikut ini.  

Cara Menambah Viewer YouTube yang Bisa Anda Coba!

Ada banyak tips agar youtuber banyak view. Kira-kira apa saja itu? Berikut ini 9 cara memperbanyak view YouTube yang bisa Anda coba.

1. Buat Konten yang Menarik

Konten merupakan daya tarik utama penonton YouTube. Jadi, membuat konten yang menarik merupakan cara menambah viewer YouTube yang paling penting.  

Konten yang baik tidak hanya akan banyak dilihat, tapi juga dapat mendatangkan respon yang positif dari penonton. Misalnya berupa like, comment, share, dan juga subscribe. Semakin tinggi engagement di video Anda, semakin besar kesempatan video tersebut muncul di timeline dan berada di paling atas halaman pencarian.  

Sajikanlah konten yang memiliki nilai tersendiri dan relevan dengan tujuan Anda membuat channel YouTube. Misalnya, berupa konten edukasi, tutorial, atau konten-konten yang sifatnya menghibur. 

Kalau Anda bisa konsisten membuat konten yang menarik, penonton video YouTube Anda pasti akan meningkat. Bahkan, tak jarang mereka akan membagikan video ke media sosial lainnya. Sehingga viewer YouTube Anda akan semakin banyak. 

2. Lakukan Riset Kata Kunci  

Biasanya pengunjung akan mengetik kata tertentu di kolom pencarian. Kalau video Anda relevan dengan kata tersebut, video bisa muncul di paling atas. Kemungkinan video diklik pun semakin besar. 

Nah, untuk dapat mencapai hasil tersebut, Anda perlu melakukan riset keyword YouTube. Strategi ini juga bisa menjadi cara menambah viewer YouTube. 

Dengan riset kata kunci, Anda bisa menentukan kata kunci yang tepat untuk konten YouTube Anda. Jadi, ranking video Anda di hasil pencarian bisa meningkat sesuai kata kunci yang relevan. 

Anda bisa menggunakan tools seperti Google Keyword Planner untuk membantu Anda melakukan riset kata kunci. 

Dengan Google Keyword Planner, Anda akan tahu kata kunci yang sedang banyak dicari orang. Tak hanya itu, Anda bahkan bisa mendapatkan inspirasi untuk membuat video selanjutnya berdasarkan volume atau tingkat kesulitan kata kunci tertentu. 

3. Optimasi Judul Konten Video Anda

Judul konten juga penting untuk menambah view YouTube . Hal ini pun juga telah dikonfirmasi oleh YouTube, bahwa judul dapat mempengaruhi pengguna untuk mengklik video. 

Tipsnya, buatlah judul yang sesuai dengan konten YouTube Anda. Jangan clickbait, ya? Selain dapat mengecewakan pengguna, judul yang tidak sesuai dengan isi juga akan membuat reputasi channel YouTube Anda buruk. 

Nah, ada beberapa cara yang lebih ampuh untuk membuat judul yang baik sehingga mendatangkan banyak klik. 

4. Tulis Deskripsi Video dengan Tepat

Menulis deskripsi video dengan tepat juga menjadi salah satu cara untuk menambah viewer YouTube. Alasannya, penjelasan tentang video akan membantu penonton memastikan video tersebut sesuai keinginan. Selain itu, menurut YouTube, deskripsi video akan memudahkan algoritma mereka. 

Nah, untuk membuat deskripsi video yang baik, ada tiga langkah yang bisa Anda lakukan. 

Pertama, buat intro deskripsi yang kuat dan menarik. Anda bisa memberitahu tentang apa video Anda pada bagian ini. Tak perlu terlalu panjang. Buatlah 2-3 kalimat saja pada bagian ini. 

Kami juga menyarankan untuk memasukkan target kata kunci konten Anda pada bagian ini. Kenapa? Sebab, nantinya baris awal deskripsi ini akan muncul pada halaman hasil pencarian YouTube.