by

Cara Mengatasi Mulut Pahit yang Bisa Anda Coba di Rumah

Setelah minum obat atau kopi tanpa gula, mulut memang jadi terasa pahit. Namun, ternyata ada pula masalah kesehatan dan faktor-faktor lainnya yang dapat menyebabkan kondisi ini. Lantas, bagaimana cara mengatasi mulut pahit?

Berbagai Cara Mengatasi Mulut Pahit

Meski tidak mengganggu aktivitas, mulut pahit bisa memengaruhi nafsu makan. Terkadang, kondisi ini juga membuat suasana hati jadi memburuk.

Umumnya, penyebab mulut pahit berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Namun, pada beberapa kasus, mulut yang pahit bisa menjadi tanda dari masalah kesehatan tertentu.

Salah satu contohnya yakni burning mouth syndrome. Kondisi ini terjadi akibat masalah pada saraf sensoris (saraf penerima rangsangan) dari sistem saraf perifer atau saraf pusat. Inilah cara menghilangkan rasa pahit di mulut.

1. Berkumur dengan larutan soda kue

Baking soda ternyata dapat membantu menetralkan rasa pahit pada mulut Anda. Anda dapat melakukan cara ini sebelum makan agar rasa makanan tidak terpengaruh oleh rasa pahitnya.

Caranya, larutkan 1/4 sendok teh baking soda dan 1/2 sendok teh garam dalam secangkir air hangat. Kumur-kumurlah dengan larutan tersebut, lalu bilas mulut dengan berkumur menggunakan air bersih.

American Cancer Society merekomendasikan cara ini terutama untuk pasien kanker yang mengalami mulut pahit karena kanker maupun efek samping pengobatan yang dijalani.

2. Makan buah jeruk

Mengonsumsi buah jeruk atau lemon bisa membantu menghilangkan sensasi getir dari mulut Anda. Rasa masam buah jeruk yang tajam mampu membantu merangsang indra perasa Anda.

Bagi kebanyakan orang, cara ini dinilai manjur jika rasa tidak enak di mulut disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu atau kehamilan.

Akan tetapi, bila Anda sedang sariawan, sebaiknya hindari cara ini karena bisa memicu rasa perih tidak tertahankan.

3. Menyikat lidah

Cara lain untuk mengatasi mulut pahit yakni membersihkan lidah. Pasalnya, lidah juga bisa menjadi sarang tumbuhnya bakteri seperti halnya gusi dan gigi.

Menumpuknya bakteri pada reseptor pengecap lidah akan menyebabkan bau mulut serta masalah kesehatan mulut dan gigi lainnya.

Membersihkan lidah akan membantu menyingkirkan bakteri penyebab bau dan pahit pada mulut. Namun, pastikan Anda menggunakan alat khusus pembersih lidah dan jangan membersihkan lidah dengan sikat gigi.

News Feed