by

Cara Mudah dan Cepat Melatih Bayi untuk Bisa Merangkak

Seorang bayi perlu adanya tahapan-tahapan yang harus dilalui sebelum si kecil bisa berjalan sempurna. Untuk bisa berjalan ini, bunda harus bisa membuat anak merangkak terlebih dahulu. Umumnya, usia merangkaknya bayi ini berada di usia 7-10 bulan, tetapi terkadang bisa lebih. Ketika di usia ini masih tidak bisa merangkak, bunda tidak perlu khawatir karena setiap bayi memang tidak ada dalam masa pertumbuhannya.

Untuk itu, agar bisa merangkak di usia norma bunda bisa melakukan beberapa cara mudah ini sedini mungkin. Tujuannya tentu agar di usia 7-10 bulan, bayi bisa merangkak dengan sempurna.

Bermain Tengkurap

Untuk tahapan awal, bunda dapat melatih si cabang bayi untuk bermain tengkurap. Proses ini dapat dilakukan dengan memberikan mainan kesukaannya di lantai. Dengan seperti itu, maka bayi akan berusaha untuk tengkurap di lantai tersebut. Dengan cara seperti ini maka bayi akan terlatih untuk menguatkan otot bahu, tangan, punggung sebelum akhirnya bisa merangkak.

Meraih Mainan

Selain dengan tengkurap, bunda bisa melatih bayi tersebut dengan meraih mainan. Jadi, bunda ketahui dahulu apa mainan kesukaannya sebelum mainan ini diletakkan di tempat tertentu. Ketika mainan ini sudah diketahui maka letakkan mainan ini di jarak kurang lebih 1 meter saja dari bayi.

Ketika mainan itu diletakkan maka bayi akan berusaha untuk meraih mainan ini. Lakukan ini secara berkala untuk hasil yang begitu maksimal pada bayi dan bisa lebih cepat untuk merangkak.

Tempat yang Nyaman

Selain dengan meraih makanan, bunda juga bisa memberikan tempat yang nyaman bagi bayi. Untuk lebih memaksimalkan tentu bunda menyiapkan satu ruangan khusus bayi dan di tempat tersebut diletakkan berbagai macam mainan. Bunda harus memastikan tempat itu selalu bersih agar anak bisa tetap sehat dan bisa segera merangkak.

Itulah cara melatih bayi merangkak agar di usia normal ini berkembang dengan baik. Selain itu, cara-cara di atas tentu bisa dipilih salah satu sesuai posisi nyamannya dari bayi tersebut. tapi cara paling mudah dan cepatnya adalah dengan mencoba untuk meraih mainan tersebut.

News Feed