by

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online

Kemudahan Layanan Jasa dengan sistem Online

Di era teknologi yang semakin canggih ini, segala sesuatu dapat dengan mudah kita dapatkan secara online. Pelayanan jasa secara online pun juga semakin digiatkan baik oleh pemerintah maupun penyedia layanan jasa lainnya. Salah satu contoh kemudahan jasa pelayanan yaitu pemesanan tiket kereta api secara online. Sebelum melakukan pesanan, ada baiknya Anda mengetahui cara cara pesan tiket kereta api online, sehingga Anda dapat menikmati layanan jasa online secara tepat .

Dimana Bisa Pesan Tiket Kereta Secara Online?

Pemesanan tiket kereta api dapat dilakukan dengan mudah melalui beberapa penyedia jasa pemesanan tiket maupun langsung melalui website PT. Kereta Api Indonesia. Jika Anda ingin memesan tiket melalui website KAI, cukup ketik www.kai.id maka Anda dapat melakukan pemesanan tiket kereta api disitus tersebut. Selain melalui website resmi KAI, adapula berbagai macam pilihan penyedia jasa pemesanan tiket secara online di Indonesia, pilihlah salah satu sesuai keinginan Anda.

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online

Kemudahan pemesanan tiket kereta api secara online dapat dirasakan oleh masyarakat yang ingin bepergian dengan kereta api. PT. Kereta Api Indonesia sebagai pengelola perkeretaapian di Indonesia memberikan layanan jasa pemesan tiket secara online. Berikut ini cara pesan tiket kereta api online melalui situs resmi KAI:

  1. Buka website resmi KAI, yaitu www.kai.id
  2. Carilah kolom pemesanan tiket
  3.  Isikan informasi yang dibutuhkan yaitu
  • Stasiun Asal
  • Stasiun Tujuan
  • Tanggal Keberangkatan
  • Jumlah Penumpang Dewasa
  • Jumlah Penumpang Bayi (Jika Ada)
  1. Klik Pesan & Cari Kereta
  2. Akan muncul pilihan kereta api beserta jam keberangkatan, jam datang, durasi serta harganya. Anda dapat melihat jumlah tempat duduk yang tersisa tiap kereta api dengan menggeser kursor pada kata “pesan” di tiap-tiap pilihan kereta api (jika Anda menggunakan PC).

Pilihlah kereta api sesuai dengan kebutuhan Anda dengan klik “Pesan” pada pilihan kereta api yang sesuai kebutuhan Anda. (Anda dapat memesan tiket dengan login terlebih dahulu atau bisa pesan tanpa login)

  1. Muncul menu reservasi kereta api, selanjutnya setujui persyaratan yang tertulis lalu pilih “Lanjutkan”
  2. Isi data diri Anda sesuai KTP/SIM/Passport, kemudian pilih “Selanjutnya”

Muncul informasi pembayaran, pilihlah salah satu tipe pembayaran lalu klik “Selanjutnya”.

Ada beberapa tipe pembayaran yang ditawarkan yaitu bisa melalui:

  • Atm atau layanan pembayaran bank lainnya
  • Minimarket seperi Alfamart, Indomart, Alfamidi, Lawson, Alfa Expres
  • Payment Point melalui Kantor Pos, Flashmobile Channel
  1. Lakukan pembayaran sebelum batas maksimal pembayaran. Jangan lupa untuk memasukkan kode pemesanan saat pembayaran.
  2. Silakan menghubungi CS 121 021-121 untuk melakukan konfirmasi transaksi Anda jika dalam waktu 15 menit setelah Anda membayar belum menerima email notifikasi pembayaran.

Pesan Tiket dengan Mudah Dimana Saja dan Kapan Saja secara Online

Pesan tiket kereta api secara online menawarkan kemudahan untuk memesan tiket dimana saja dan kapan saja. Anda dapat memesan tiket kereta api dimana saja Anda berada, bisa dari rumah, kantor, sedang dijalan atau dimanapun asal Anda memiliki sinyal dan koneksi internet di hp atau pc Anda. Kapanpun Anda melakukan pemesanan akan dilayani dan diproses, karena pesanan akan diolah oleh sistem. Disamping itu, pesan tiket kereta api secara online dapat menghemat waktu dan tenaga, sebab Anda tidak perlu datang langsung ke stasiun untuk membeli tiket. Hal ini juga turut meminimalkan kemungkinan buruk yang bisa terjadi seperti kecopetan atau tiket hilang, jika Anda berdesak-desakan membeli tiket secara offline.

Banyak Promo Menarik Pesan Tiket Kereta Api Online

Jika Anda tertarik untuk melakukan perjalanan dengan harga miring, maka pesan tiket kereta api secara online bisa Anda jadikan alternatif. Beberapa penyedia jasa pemesanan tiket sering kali menyediakan potongan harga yang bisa Anda manfaatkan untuk bepergian. Promo yang disediakan oleh penyedia jasa pemesanan tiket bisa berupa potongan harga, cashback maupun gratis biaya admin. Anda juga bisa mencari tahu pada event apa saja biasanya penyedia jasa memberikan promo sehingga dapat Anda sesuaikan dengan jadwal bepergian Anda. Hal ini tentu bisa menjadi daya tarik pesan tiket kereta api online lewat penyedia jasa pemesanan tiket.

Kekurangan Pesan Tiket Kereta Api Online

Meskipun pesan tiket kereta secara online menawarkan beragam kemudahan, namun tetap saja ada kekurangannya jika dibandingkan dengan pesan tiket secara offline. Ketika memesan tiket kereta api secara online maka Anda akan dikenai biaya administratif oleh penyedia jasa pemesanan tiket. Tentu saja hal tersebut tidak berlaku jika Anda membeli tiket secara offline di loket-loket resmi yang tersedia. Interaksi secara langsung juga dapat Anda rasakan ketika membeli tiket secara offline, sehingga Anda dapat menanyakan langsung jika terdapat pertanyaan atau transaksi yang belum jelas. Namun, jika memesan secara online lalu Anda mengalami kesulitan, Anda harus menghubungi dan menunggu respon dari CS yang tersedia.

Tips Pesan Tiket Secara Online

Bagi Anda yang ingin memesan tiket secara online, maka ada beberapa hal yang perlu Anda cermati. Jika Anda ingin membeli tiket pada penyedia jasa pemesanan tiket, maka pilihlah penyedia jasa yang sudah terpercaya dan sering digunakan oleh banyak orang. Hal ini agar Anda mendapatkan pelayanan yang jujur dan tepat. Jika Anda tertarik untuk bepergian dengan harga miring, maka carilah event saat penyedia jasa pemesanan tiket memberikan promo, dan manfaatkan promo yang disediakan.

Perhatikan juga waktu maksimal pembayaran agar pesanan Anda tidak dibatalkan. Sebagai contoh PT. KAI memberikan batas maksimal pembayaran tiket selama 3 jam dari saat pemesanan. Jika Anda tidak berhasil melakukan pembayaran dalam jangka waktu 3 jam, maka tiket yang Anda pesan akan dikembalikan lagi dan dapat dipesan orang lain. Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah waktu memesan, tiket kereta api dapat Anda pesan kapan saja, namun perlu Anda perhatikan jam-jam padat pesanan. Anda bisa melakukan pemesanan tiket mulai dari pukul 00.00 WIB setiap harinya.

Kenapa Harus Pesan Tiket Kereta Api Online?

Jika Anda orang yang senang dengan kemudahan maka pemesanan tiket kereta api secara online tentu akan menjadi pilihan Anda. Di samping proses pemesanan yang mudah, penumpang kereta api yang memesan tiket secara online tidak perlu lagi mengantri  untuk mencetak boarding pass, karena terdapat fitur e-boarding pass.  Pesan tiket secara online juga dapat menghindarkan Anda dari risiko tiket yang hilang, karena dengan pesan tiket online Anda hanya perlu ke ticket box dan menunjukkan data diri untuk mencetak tiket. Proses pemesanan tiket yang mudah dapat menjadi kendala jika Anda belum memahami cara pesan tiket kereta api online, maka pahamilah betul langkahnya sebelum melakukan pemesanan.

News Feed