by

Eits Tidak Semua Perlengkapan Bayi Itu Penting! Ini Dia 13 Perlengkapan Bayi yang Wajib Anda Beli

Masa kehamilan menjadi momen indah dan tidak terlupakan bagi wanita. Saat masa kehamilan tentu penting untuk mempersiapkan semua perlengkapan bayi. Terutama jika Anda sudah mengetahui jenis kelamin anak yang akan lahir. Banyak perlengkapan bayi biasanya memiliki desain yang lucu dan menarik yang seringkali membuat Anda lapar mata dan ingin membeli semua koleksinya dan di toko perlengkapan bayi sendiri terdapat banyak koleksi yang mungkin Anda berpikir “apakah harus dibeli semua?” tidak semua perlengkapan bayi harus dibeli kok. Simak beberapa perlengkapan bayi yang harus Anda beli berikut ini.

Perlengkapan Bayi Popok Bayi

Salah satu perlengkapan bayi yang penting adalah popok bayi. Popok memiliki peran yang sangat penting yaitu sebagai celana bagi bayi. Umumnya bayi setiap 2 jam sekali akan pipis, bahkan saat cuaca dingin bisa pipis setiap satu jam sekali. Popok tidak boleh digunakan terlalu lama dan harus segera diganti bila anak Anda pipis atau pup. Maka dari itu untuk sehari semalam siapkan 12 buah (setara dengan 2 lusin) popok. Untuk sehari-hari siapkan 12 buah popok yang digunakan pada hari itu dan 12 buah lainnya dicuci. Lebih baik lagi jika Anda mempersiapkan perlengkapan bayi yang satu ini lebih banyak lagi yaitu sebanyak 3 lusin.

Perlengkapan Bayi Baju Bayi

Perlengkapan bayi selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah baju bayi. Terdapat dua jenis baju bayi yaitu baju bayi lengan panjang dan pendek. Sebaiknya Anda menyiapkan 12 buah untuk kedua jenis baju. Baju pendek biasa dipakai bayi ketika cuaca panas, dan ketika cuaca dingin biasanya bayi akan memakai baju lengan panjang. Anda bisa menyiapkan baju bayi sebanyak 2-3 baju untuk sehari-hari.

Eits Tidak Semua Perlengkapan Bayi Itu Penting! Ini Dia 13 Perlengkapan Bayi yang Wajib Anda Beli

Perlengkapan Bayi Kaos Kaki dan Sarung Tangan

Perlengkapan bayi selanjutnya adalah kaos kaki dan sarung tangan. Fungsi kedua perlengkapan bayi yang satu ini untuk menjaga kenyamanan bayi. Fungsi kaos kaki adalah untuk menghangatkan kaki bayi, sedangkan sarung tangan untuk menghangatkan tangan mereka dan juga melindungi kuku agar tidak mencakar wajah mereka sendiri. Anda bisa menyiapkannya sebanyak 1 lusin.  Selain itu jangan lupa pilihlah kaos kaki dengan kualitas bahan yang bagus supaya tidak mudah kendor saat dipakai oleh sang buah hati.

Perlengkapan Bayi Khusus Peralatan Perlengkapan bayi yang tidak kalah penting adalah peralatan mandi bayi. Tidak boleh sembarangan dalam memilih peralatan mandi bayi, pilih produk peralatan mandi yang dikhususkan untuk bayi, misalnya bak khusus untuk mandi bayi, sabun dan shampo mandi bayi. Selain itu untuk mengeringkan tubuh bayi diperlukan handuk yang lembut. Jangan lupa perlengkapan mandi harus diletakkan di tempat yang bersih supaya tidak terpapar kuman.

Perlengkapan Bayi Khusus Kesehatan Bayi

Kesehatan bayi adalah salah satu hal yang sangat penting bagi Anda, maka dari itu jangan lupa siapkan perlengkapan bayi yang berhubungan dengan kesehatan dengan tujuan kesehatannya tetap terjaga dengan baik. Alat-alat kesehatan bayi yang sebaiknya Anda persiapkan adalah minyak kayu putih, termometer, baby oil, cotton bud, kain kasa, minyak telon, plester anti demam, dan perlengkapan lainnya.

Perlengkapan Bayi Kaos Dalam atau Singlet

Kaos dalam atau singlet juga merupakan perlengkapan bayi yang harus disiapkan. Benda ini merupakan pakaian pengganti gurita. Untuk penggunaan harian bayi, Anda membutuhkan sekitar 1 lusin singlet.

Perlengkapan Bayi Celana Bayi

Perlengkapan bayi yang tidak kalah penting adalah celana bayi. Celana bayi yang sering digunakan adalah model celana pop. Celana model ini bisa menutupi diapers yang dipakai. Selain model celana pop, model celana selanjutnya yang harus Anda beli untuk bayi Anda adalah celana panjang buntu. Model celana ini panjang dan tidak memiliki lubang kaki dan sangat cocok digunakan untuk bayi saat dia kedinginan. 1 lusin celana pop dan 1 lusin celana buntu cukup untuk memenuhi kebutuhan harian bayi.

Perlengkapan Bayi Selimut Bayi Baru Lahir

Perlengkapan bayi yang juga wajib Anda beli adalah selimut bayi. Selimut bayi ini berfungsi untuk melindungi bayi dari angin dan juga memberikan kehangatan sang buah hati. Selimut bayi yang ideal adalah selimut yang berbahan lembut sehingga nyaman digunakan.

Perlengkapan Bayi Botol Dot Bayi dan Alat Sterilisasi

Kedua perlengkapan bayi berikut ini memiliki fungsi yang tidak kalah penting dengan barang-barang lainnya, yaitu botol dot dan alat steril botol. ASI adalah nutrisi terbaik untuk perkembangan sang buah hati, sayangnya tidak semua ibu bisa memberikan ASI untuk sang buah hati. Alasannya bisa karena ada kendala fisik atau ASInya sendiri yang tidak keluar.  Salah satu alternatif lainnya adalah menggunakan susu formula. Saat Anda hendak memberikan susu formula jangan lupa siapkan botol dot bayi dan alat khusus untuk mensterilkan botol. BPA Free adalah alat sterilisasi yang bisa dipilih untuk menjaga kesehatan bayi Anda. Untuk penggunaan harian Anda bisa menggunakan 4 buah botol bayi dan 1 alat sterilisasi. Setelah digunakan Anda harus segera mensterilkan botol dot bayi untuk menghilangkan risiko adanya virus dan kuman di botol bayi.

Perlengkapan Bayi Gendongan Bayi dan Kain panjang (Jarik)

Umumnya saat menggendong bayi dengan menggunakan tangan sedikit melelahkan apalagi bila dilakukan dalam waktu lama. Maka dari itu Anda perlu mempertimbangkan membeli perlengkapan bayi seperti gendongan bayi dan kain panjang (jarik).  Gendongan bayi adalah solusi yang tepat untuk menggendong anak Anda ketika dia sedang rewel ingin digendong terus, namun tangan Anda sudah lelah. Kemudian pakai gendongan bayi di depan. Untuk gendongan yang di belakang sebaiknya menunggu anak Anda sudah bisa berjalan. Sebaiknya Anda membeli 2 atau 3 gendongan bayi.

Perlengkapan Bayi Tempat Tidur

Sebaiknya bayi tidur di tempat khusus dan perlengkapan bayi berikut ini adalah pilihan yang tepat untuk bayi, yaitu tempat tidur bayi. Sebaiknya Anda membeli tempat tidur bayi yang sudah dilengkapi dengan kain kelambu. Tujuannya adalah untuk melindungi bayi dari gigitan nyamuk dan gangguan lalat. Selain itu ada model tempat tidur bayi yang portable yang mudah untuk dipindah-pindah. Agar sang buah hati bisa tidur dengan nyaman jangan lupa beli tempat tidur bayi ya!.

Perlengkapan Bayi Terpal Tipis Anti Saat tidur bayi biasanya masih sering pipis, untuk itu Anda membutuhkan perlengkapan bayi seperti terpal tipis untuk alas tidur bayi Anda. Anda dapat membeli terpal dengan ukuran 70cm x 90 cm. Ukuran tersebut cukup ideal untuk melapisi bagian bawah bayi untuk mencegah merembesnya air kencing bayi ke kasur. Anda bisa membeli 2 terpal untuk digunakan bergantian.

Perlengkapan Bayi Lemari Pakaian Semakin banyak anggota keluarga tentunya kuota lemari yang ada pun semakin sempit dan bisa saja pakaian sang buah hati tidak bisa lagi tertampung di lemari Anda. Nah penting bagi Anda untuk menyiapkan perlengkapan bayi yang satu ini yaitu lemari khusus bayi. Dengan menggunakan lemari pakaian bayi, pakaian bayi akan tetap steril. Lemari bayi tersedia di berbagai toko furniture dengan kisaran harga yang beragam. Jangan lupa beli lemari pakaian bayi yang sesuai dengan budget Anda.

News Feed