by

Hindari! Kandungan Berbahaya Pada Body Lotion ini Bisa Saja Merusak Kulitmu

Hampir semua wanita mengaplikasikan body lotion ke kulit mereka sehabis mandi. Sebab manfaat body lotion sudah dikenal dapat melembutkan dan melembabkan kulit. Tapi tahukah kamu bahwa ada kandungan berbahaya pada body lotion yang bisa saja merusak kulitmu?. Yuk lihat apa saja kandungan body lotion berbahaya itu.

Karena body lotion termasuk skin care yang digunakan setiap hari, maka kamu harus lebih jeli lagi memilih body lotion yang tepat dan aman. Apalagi sekarang sudah banyak daftar merk hand body berbahaya yang diumumkan oleh BPOM. Jadi kalau kamu tidak hati-hati, bisa saja kamu akan jadi korban body lotion abal-abal berikutnya. Memang bahan kimia yang terkandung dalam body lotion sebagian besar membawa manfaat bagi kesehatan kulit. Tapi nyatanya ada kandungan berbahaya pada body lotion yang tidak kita sadari dapat merusak struktur sel dan jaringan kulit.

Kandungan Berbahaya Pada Body Lotion

Kalau kamu adalah tipe orang yang tidak terlalu concern dengan kandungan di dalam body lotion, sekarang ubahlah kebiasaan kamu itu. Sebelum membelinya pastikan kamu melihat kandungan apa saja yang ada di dalamnya, atau cari rekomendasi terbaik dengan melihat review yang dibagikan di internet.

  1. Paraben

Kandungan berbahaya pada body lotion ini awalnya digunakan untuk mencegah tumbuhnya jamur di dalam botol body lotion. Hanya saja zat ini dikatakan dapat menyebabkan disrupsi hormon dan kanker payudara. Walaupun belum banyak studi yang setuju dengan pernyataan ini, tapi tidak ada salahnya kamu hindari. Terutama buat yang punya kulit sensitif sebaiknya lebih berhati-hati.

  1. BHA (Butylated Hydroxyanisole)

Zat ini juga berfungsi sebagai pengawet, antioksidan, wewangian, dan penstabil pada berbagai produk kosmetik termasuk body lotion. Menurut National Toxicology Program bahwa kandungan BHA yang terdapat pada body lotion dapat mengganggu sistem endokrin dalam tubuh karena mengandung zat karsinogenik yang dimana dapat memicu risiko kanker kulit. Apabila kamu menemukan kandungan ini pada body lotion kamu, sebaiknya ganti dengan body lotion berbahan aman.

  1. DMD Hydantoin

Nah kebanyakan merk body lotion yang berbahaya mengandung zat DMD hydantoin. DMD hydantoin adalah jenis pengawet yang mengandung formaldehid (formalin) dan sering digunakan untuk produk kosmetik seperti cat kuku, sabun, gel rambut dan lainnya. Jika kandungan ini digunakan pada body lotion, maka akan memicu reaksi alergi hingga kanker.

  1. Triethanolamine

Pada umumnya kandungan triethanolamine ini digunakan untuk menyeimbangkan pH di dalam berbagai kosmetik. Meskipun zat ini tidak dilarang untuk digunakan, tapi tetap saja jika digunakan secara terus menerus akan mengiritasi kulit bahkan dapat meracuni sistem kekebalan tubuh.

  1. Diethyl phthalate

Sebagian besar wanita memilih body lotion karena aromanya. Mungkin kamu berpikir bahwa wewangian itu didapatkan dari bahan alami, seperti aroma stroberi didapatkan dari buah stroberi, aroma jeruk didapatkan dari buah jeruk dan sebagainya.

Faktanya, ada banyak produk kecantikan menggunakan campuran wewangian yang justru membahayakan kesehatan. Zat Diethyl phthalate yang biasa terdapat pada body lotion ini dikenal sebagai racun bagi sistem endokrin. Bahkan wewangian buatan tersebut juga dapat memancarkan senyawa organik VOC (volatile organic compounds) yang sifatnya mudah menguap dan mencemari udara.

Setelah tau apa saja kandungan berbahaya pada body lotion itu, sekarang waktunya untuk lebih berhati-hati memilih body lotion untuk kulitmu. Untuk mencari rekomendasi terbaik body lotion juga sudah semakin mudah berkat review-review yang bisa kamu lihat di internet atau youtube. Jadi smart people and smart buyer itu mudah kok!

News Feed