by

Hmmmm.. Jika Dibandingkan Memang Jauh Lebih Untung ini

Hari yang paling menakutkan saat aku sekolah adalah hari senin. Kenapa senin? Pada hari senin selain aku wajib datang lebih cepat, aku juga harus panas-panasan dijemur di bawah sinar matahari untuk upacara bendera. Tapi itu bukanlah masalah besar. Masalah besarnya adalah pada hari senin aku ada pelajaran matematika.

Denger kata matematika saja udah horor, apalagi belajarnya dan apalagi ngerjain soal-soalnya. Aku tuh paling gak suka pelajaran matematika. Selain karena banyak susah bin rumit, Matematika itu sukar sekali dimengerti. Sekalipun aku udah ulang berkali-kali materi yang sama.

Aku jadi mempertanyakan, apa aku memang gak ada bakat hitung-hitungan atau aku belum bisa belajar pelajaran matematika secara efektif. Ternyata mengetahui kemampuan diri sendiri itu penting loh. Dan itu juga sangat berpengaruh dalam hal belajar.

Aku yang sudah hampir putus asa, akhirnya menemukan solusinya. Aku menemukan bimbel online yang sedang banyak diminati oleh pelajar di Indonesia. Aku awalnya juga tidak yakin dengan sistem belajar bimbel online ini, karena apa efektif belajar dengan video.

Namun ternyata hal tersebut mulai sirna ketika membaca beberapa review tentang bimbel online ini. Nama bimbel online tersebut adalah Ruangguru. Mungkin sebagian dari kamu udah sering denger nama ini, karena memang Ruangguru sudah ada sejak tahun 2014. Perusahaan dibidang pendidikan ini berkembang pesat yang dipengaruhi juga dengan kemajuan teknologi dan globalisasi.

Pada akhirnya aku berlangganan di Ruangguru. Selama beberapa waktu aku amati perbedaan antara bimbel konvensional yang sering kita jumpai, dengan bimbel online dari Ruangguru ini. Dan hasil yang aku temukan mengenai perbedaannya adalah berikut:

  1. Bimbel online Ruangguru bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Aku gak perlu seperti bimbel konvensional, pergi ke tempat les dan duduk mendengarkan tutor menjelaskan materi.
  2. Bimbel online Ruangguru menggunakan Video belajar. Pada aplikasi Ruangguru, ada fitur namanya ruangbelajar. Di ruangbelajar ada ribuan video belajar, ribuan latihan soal dan juga rangkuman materi yang bisa aku akses secara online. Jadi aku gak perlu bawa buku tebal berisi materi, soal dan rangkuman.
  3. Belajar di bimbel online Ruangguru menggunakan video belajar yang dikemas dengan animasi sehingga menarik untuk dilihat. Tidak lagi hanya mendengarkan tutor menjelaskan materi di depan kelas seperti pada bimbel konvensional.
  4. Perbedaan harga antara bimbel online dan bimbel konvensional juga cukup besar loh. Aku selama ini menganggap biaya bimbel konvensional relatif murah, namun setelah dibandingkan dengan harga bimbel online, ternyata itu termasuk mahal.

Di Ruangguru ini, selain aku bisa belajar pelajaran matematika dengan lebih menyenangkan, aku juga bisa sekaligus belajar mata pelajaran lain yang juga diajarkan di sekolah. Ya itung-itung persiapan Ujian Nasional juga nanti pas kelas tiga.