by

Ingin Terhindar dari Masalah Kesehatan Jantung? Kenali Penyebab Penyakit Jantung Berikut Ini!

Jika ditanyakan apakah organ manusia yang paling vital? Maka pasti akan banyak yang menjawab dengan jawaban jantung. Jantung memiliki fungsi yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Fungsinya yaitu memompa darah memungkinkan setiap organ dan lokasi dari kepala hingga kaki teraliri oleh darah yang membawa oksigen dan sari makanan. Setiap organ membutuhkan oksigen untuk bekerja. Jika suplai ini terlambat seper sekian detik saja, bisa jadi organ tersebut mengalami kegagalan yang fatal apalagi untuk organ otak yang memiliki fungsi pada memory dan respon manusia.

Jantung yang memiliki fungsi penting tersebut berdetak dengan sendirinya tanpa manusia perlu mengatur atau menjadwal denyut atau detaknya. Sama seperti paru-paru yang mengatur pernafasan, jantung bergerak secara tidak kita sadari. Detak jantung yang teratur dan stabil ini merupakan anugerah tak terkira karena dengan begitu manusia bisa melakukan aktivitasnya dengan normal. Sayangnya, tanpa disadari, apa yang dilakukan oleh banyak orang justru memiliki resiko yang mengancam kerja jantung hingga menyebabkan berbagai jenis penyakit jantung yang tak jarang mengambil nyawa pemiliknya. Karena pentingnya kesehatan jantung ini, tak ada salahnya jika Anda membaca apa saja yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung untuk menghindarinya dari pola hidup sehari-hari:

  • Kurang gerak.

Bagi Anda yang sering menghabiskan waktu dengan menonton televisi, memainkan game komputer, bekerja di belakang meja dan kegiatan minim gerak lainnya, perlu waspada karena aktifitas tersebut buruk untuk kesehatan jantung. Jantung digerakkan oleh otot jantung yang perlu dilatih setiap hari untuk tetap bisa elastis sehingga bekerja dengan sebagaimana mestinya. Jika Anda kurang gerak setiap harinya, maka otot jantung akan menjadi kaku yang nantinya mengganggu denyut atau irama jantung.

  • Stress berlebihan.

Jauhkan diri dari stress karena stress dapat meningkatkan denyut jantung atau bahkan mengakibatkan serangan jantung. Jika Anda memiliki masalah sebaiknya segera meminta pertolongan orang lain agar tidak dipendam dan menimbulkan penyakit.

  • Tidak berolahraga.

Olahraga adalah cara yang terbaik untuk melatih otot jantung. Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berlebihan namun disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda. Untuk memperbaiki otot jantung, Anda bisa melakukannya dengan berjalan santai, berlari, bersepeda atau berenang. Lakukan secara teratur dan dimulai dari intensitas ringan agar tubuh lebih mudah beradaptasi.

  • Makan berlebihan.

Atur pola makan agar Anda tidak makan berlebih melebihi apa yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. Makan berlebihan akan mengakibatkan tumpukan lemak dan kolesterol di dalam pembuluh darah sehingga menyebabkan kerja jantung menjadi tambah berat. Orang yang memiliki obesitas dan kadar kolesterol tinggi akan lebih beresiko terkena serangan jantung.

  • Merokok atau perokok pasif.

Asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Rokok dapat meningkatkan kekentalan darah hingga pembekuan darah. Peningkatan plak yang menyumbat aliran darah juga bisa disebabkan oleh bahaya merokok.

Selain aktifitas-aktifitas di atas yang perlu dihindari, Anda juga perlu mengatur pola hidup sehat dengan kebiasaan sehat. Makan dengan menu seimbang sesuai kebutuhan tubuh, aktif bergerak dan olahraga, menghindari stress dan begadang serta melakukan check up rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan jantung akan memberikan kesempatan jantung Anda bekerja dengan lebih baik dan sehat. Bagi yang sudah memiliki penyakit jantung pun jangan berkecil hati karena Anda tetap bisa mengupayakan kesehatan dengan mematuhi perintah dokter dan menjalankan kebiasaan baik dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

News Feed