by

Inilah Alasan Harus Menghindari Junk Food Selama Krisis Virus Corona

Salah satu pencegahan yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk menghindari penularan virus corona adalah dengan menjaga kesehatan. Hal tersebut misalnya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga menghindari makanan yang kurang baik untuk kesehatan. Akan lebih baik selama isolasi karena corona Anda memilih makanan yang baik untuk mendukung imun tubuh sehingga tidak mudah sakit. Selain itu tentunya juga menghindari makanan yang kurang baik dikonsumsi selama karantina atau melakukan isolasi di rumah seperti makanan junk food yang biasanya dikonsumsi. Dimana beberapa alasan mengapa makanan jenis ini tidak baik dikonsumsi selama krisis corona adalah karena berikut ini:

  • Kekurangan nutrisi

Menjaga tubuh tetap sehat salah satunya dapat dilakukan ketika tubuh mempunyai nutrisi yang cukup. Oleh karena itulah ketika memilih makanan yang dikonsumsi selama karantina adalah makanan yang mengandung nutrisi yang cukup. Sedangkan junk food sendiri merupakan makanan yang tidak mempunyai banyak nutrisi ketika dikonsumsi. Oleh karena itulah akan lebih baik untuk menghindari makanan olahan yang rendah nutrisi selama karantina. Nutrisi yang diberikan dari makanan olahan ini adalah nutrisi sintetis dan juga tidak sehat karena pengolahan makanan yang tidak benar. Oleh karena itulah makanan olahan mempunyai sedikit sekali nutrisi yang dipunyainya dan akan tidak mempunyai manfaat apabila dikonsumsi secara terus menerus.

  • Membuat sembelit

Kekurangan selanjutnya dari mengkonsumsi banyak junk food selama karantina virus corona adalah dapat untuk membuat sembelit. Seperti yang telah dijelaskan bahwa makanan ini rendah nutrisi sehingga karena mempunyai kandungan serat yang kecil sedangkan mempunyai lemak tinggi. Nutrisi yang dipunyainya juga hilang ketika pemrosesan sehingga hal tersebut juga berdampak pada pencernaan ketika dikonsumsi. Ketika mengkonsumsi makanan ini terus menerus selama masa karantina akan dapat membuat pencernaan tidak lancar sehingga membuat sembelit. Oleh karena itulah sebaiknya memilih makanan yang tinggi serat seperti sayur atau buah agar melancarkan sembelit.

  • Membuat berat badan naik

Ketika terlalu banyak mengkonsumsi junk food juga akan membuat berat badan mudah naik. Junk food merupakan jenis makanan yang tinggi lemak karena menggunakan cara pemrosesan dengan banyak lemak trans yang tidak sehat. Oleh karena itulah ketika mengkonsumsi junk food akan dapat untuk membuat berat badan naik dan mengalami obesitas. Terutama di saat karantina yang tidak banyak melakukan kegiatan dan olahraga di rumah yang akan membuat lemak tetap tinggal di badan.

  • Membuat penyakit

Kekurangan mengkonsumsi junk food selanjutnya adalah bisa membuat penyakit. Hal ini dapat terjadi apabila selama karantina yang dilakukan selalu mengkonsumsi makanan ini yang mudah untuk membuatnya dan juga mudah didapatkan. Junk food sendiri makanan yang mengandung banyak lemak, gula, dan juga pengawet. Sehingga hal tersebut dapat membuat resiko terkena penyakit obesitas, diabetes, jantung, hingga stroke menjadi lebih tinggi.

  • Kecanduan

Hal terakhir mengapa harus menghindari junk food selama masa karantina virus corona adalah karena membuat kecanduan. Tidak dipungkiri makanan ini merupakan makanan yang rasanya enak dan dapat memicu dopamin yang ada pada otak sehingga membuat senang dan juga kecanduan. Apabila sudah kecanduan maka hal tersebut akan membuat Anda selalu mengkonsumsi makanan yang tidak sehat ini sehingga berakibat pada kondisi tubuh yang kurang sehat. Hal tersebut tentu saja menjadi masalah karena selama karantina Anda harus tetap menjaga kesehatan. Oleh karena itulah untuk berusaha menghentikan kecanduan junk food Anda bisa berkonsultasi lewat Halodoc.

News Feed