Larangan Umrah yang Wajib Dipatuhi Para Jamaah

agama10 views

Ada beberapa hal yang wajib dipatuhi seluruh jamaah ketika melaksanakan ibadah haji, salah satunya adalah larangan haji dan umrah. Dalam pelaksanaannya, ibadah haji dan umrah memiliki rukun-rukun yang wajib dilaksanakan, di antaranya adalah berihram atau niat haji. Seperti diketahui, ihram adalah menetapkan niat untuk mengerjakan ibadah haji dengan memakai pakaian ihram. Ihram sendiri dimulai dari suatu tempat dan waktu yang telah ditentuan, atau disebut juga sebagai miqat.

Dalam ibadah haji maupun umrah, sejak saat dimulai hingga akhir pelaksanaannya, ada beberapa hal yang halal dan dapat berubah menjadi haram. Hal-hal yang menjadi haram selama melakukan ibadah haji dan umrah dalam keadaan ihram ini wajib untuk diketahui setiap jamaah. Lantas, apa saja larangan haji dan umrah tersebut?

Larangan Umrah

Seperti halnya larangan haji yang sudah dijelaskan di atas, ibadah umrah juga punya larangan-larangan yang tidak boleh dilakukan saat menjalani ibadah tersebut. Umroh dan haji yang merupakan ibadah ihram memiliki larangan yang sama seperti larangan haji.

Secara terminologis, ihram sendiri berarti “pengharaman”, dapat dimaknai pengharaman terhadap beberap hal. Pengharaman ini nantinya akan berakhir dengan proses yang dinamakan tahallul, artinya “penghalalan”. Jadi, selama umroh atau haji, sejak Sahabat berniat ihram di miqot, Sahabat sudah tidak diperbolehkan lagi melakukan beberapa hal yang dilarang. Antara lain larangan haji dan umrah seperti menggunakan pakaian sehari-hari, memakai minyak wangi, bersetubuh dengan suami/istri, dan beberapa lainnya.

Larangan haji dan umrah ini tampak serupa dengan ibadah sholat. Sebelum Sahabat sholat, maka kita boleh berbicara dengan orang lain, boleh bergerak kesana dan kemari, boleh tidak menghadap kiblat, boleh makan dan boleh minum. Namun sesudah kita bertakbiratul ihram, maka semua itu menjadi haram tidak boleh dilakukan, hingga Sahabat melakukan tahallul, atau jika dalam sholat adalah dengan mengucapkan salam. Nah, seperti hanya larangan haji, berikut ini adalah hal-hal yang dilarang saat umrah:

  1. Memotong/mencukur/mencabuti rambut atau bulu badan
  2. Memotong kuku
  3. Memakai minyak wangi
  4. Menutup kepala langsung bagi laki-laki
  5. Menggunakan cadar dan sarung tangan bagi perempuan
  6. Memakai baju atau pakaian yang dijahit sesuai dengan bentuk tubuh
  7. Berburu hewan buruan darat
  8. Melakukan akad nikah, menikahkan, dan melamar
  9. Melakukan hubungan suami istri

Nah, itulah sejumlah hal yang perlu Sahabat ketahui mengenai larangan dalam ibadah umroh. Semua larangan haji dan umrah tersebut wajib hukumnya untuk dipatuhi selama ihram. Agar Sahabat semakin tenang dalam menjalankan ibadah haji dan umrah, Sahabat dapat memilih travel yang memang sudah memiliki track record terpercaya sebelumnya. Adira Finance juga telah bekerja sama dengan lebih dari 38 travel umrah lokal dan nasional yang sudah pasti terpercaya, aman, dan amanah untuk membantu Sahabat beribadah ke tanah suci dengan tenang.