by

Mengenal 10 Manfaat Vitamin C dan Sumbernya

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga kulit manusia serta jenis vitamin yang larut didalam air. Vitamin C juga sering disebut sebut sebagai asam askorbat dan termasuk kedalam jenis vitamin yang larut dalam air serta tidak diproduksi oleh tubuh. Kamu bisa dengan mudahnya menemukan jenis vitamin C ini pada buah buahan dan sayur sayuran yang ada disekitar kita. Kamu bisa mendapatkannya dari jeruk, kiwi, strawberry, cabai, dan brokoli. Suplemen vitamin C ini juga bisa ditemukan dalam bentuk tablet hisap atau kunyah ataupun dalam tablet yang bisa langsung larut didalam air.

Kebanyakan orang mengetahui fungsi dari vitamin C ini adalah dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Padahal sebenarnya fungsi dari vitamin C bagi tubuh tidak hanya dapat menjaga imunitas saja. Tetapi Vitamin C ini juga memiliki peranan untuk melindungi tubuh dari beragam penyakit mulai dari diabetes, hipertensi, hingga kanker.

Setiap harinya tubuh manusia memerlukan vitamin dengan dosis mulai dari 75 hingga 90 mg. Dengan mengkonsumsi vitamin sebanyak 500 mg per harinya, maka sudah termasuk kedalam kategori aman untuk menjaga kesehatan. Setelah operasi akan meningkatnya kebutuhan vitamin yang dapat membantu proses penyembuhan.

Kamu pastinya mau tahu kan apa saja manfaat dari vitamin C ini untuk kesehatan tubuh dan kulit? Jika kamu ingin memiliki tubuh yang sehat, maka wajib memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C ini. Daripada penasaran berikut dibawah ini manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh dan kulit diantaranya yaitu:

Manfaat Vitamin C

  1. Dapat Mencegah Penyakit Dan Melawan Sel Kanker

Fungsi pertama dari Vitamin C ini adalah dapat menjadi antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Vitamin C ini akan menjadi tameng bagi tubuh manusia untuk melawan penyakit dan sel kanker, karena memang fungsi dari Vitamin C ini membantu penyerapan zat besi. Oleh karena itu dengan tercukupinya kebutuhan vitamin C didalam tubuh maka dapat membantu mencegah penyakit batuk dan pilek.

  1. Dapat Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Serangan jantung menurut World Health Organization merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia yang meraih 29 % kematian global setiap tahunnya yang diikuti oleh penyakit infeksi dengan tingkat kematian sebesar 16,2 %, dan juga penyakit kanker dengan tingkat kematian sebesar 12,6 % di dunia.

Dengan mengkonsumsi vitamin C secara rutin maka akan dapat membantu meningkatkan kadarnya dalam tubuh dan membuatnya menjadi stabil dan juga mengurangi penebalan pada pembuluh darah arteri pada jantung. Terjadinya penebalan pada pembuluh darah arteri inilah yang menjadi penyebab terjadinya serangan jantung secara mendadak.

  1. Dapat Menjaga Kesehatan Mata

“Bukankah mata itu membutuhkan Vitamin A?”. Kemungkinannya pertanyaan tersebut yang akan muncul dalam benak pikiranmu saat ini. Memang organ mata ini membutuhkan Vitamin A yang dapat menjaga kesehatan tetapi vitamin C juga berperan penting dalam mencegah terjadinya penyakit mata katarak dan juga rabun serta tumor mata.

  1. Dapat Meningkatkan Mood

Jika kamu sering mengalami ketidakstabilan mood dan sering merasa khawatir dan cepat gelisah, kamu tidak boleh membiarkannya dan harus segera mengatasinya. Cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi buah buahan, sayur sayuran, ataupun suplemen vitamin C ini yang akan dapat membantu menstabilkan mood kamu.

  1. Dapat Mengurangi Pilek

Manfaat kelima yang bisa didapatkan dari Vitamin C adalah dapat mengurangi dan mencegah pilek yang dapat menjadi komplikasi yang lebih serius lagi seperti terjadinya pilek kronis yang akhirnya dapat menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan.

  1. Dapat Memperbaiki Jaringan Sel Kulit

Zat antioksidan sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Radikal bebas seperti pancaran sinar matahari yang terlalu berlebihan, polusi udara, dan toxin yang ada didalam makanan adalah musuh utama bagi kesehatan kulit. Vitamin C ini berfungsi sebagai zat yang dapat menangkal radikal bebas tersebut.

  1. Dapat Mencegah Penuaan Dini

Vitamin C juga dapat membantu menghambat sel sel yang menua sehingga penuaan dini dapat dihindari. Sehingga tidak heran jika Vitamin C ini sendiri sangat populer di kalangan wanita. Nantinya vitamin C dapat membantu tubuh memproduksi kolagen yang merupakan protein yang memang dibutuhkan tubuh untuk membantu mencegah terjadinya keriput, proses penyembuhan luka, menjaga keremajaan kulit, memperlambat proses penuaan, hingga dapat mencerahkan warna kulit.

  1. Dapat Mengendalikan Diabetes

Vitamin C juga dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah dan antioksidan yang terkandung didalamnya yang dapat mencegah terjadinya kerusakan organ pada penderita diabetes. Suplemen vitamin C bermanfaat sebagai obat untuk mengatasi diabetes, karena dapat membantu dalam mengolah insulin dan glukosa.

Menurut hasil sebuah penelitian, terpenuhinya asupan vitamin C sebanyak 1000 mg dalam sehari ternyata dapat membantu menurunkan kadar gula didalam darah. Sehingga dapat dikendalikannya penyakit diabetes saat terpantaunya kadar glukosa dalam darah.

  1. Dapat Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Orang dewasa yang sehat dan orang dewasa yang mengalami tekanan darah tinggi dapat memanfaatkan vitamin C ini untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Analisis dari 29 penelitian yang dilakukan pada manusia menemukan bahwa orang dewasa yang sehat saat mengkonsumsi vitamin C maka dapat membantu mengurangi tekanan darah sistolik sebesar 3,84 mmHg.

  1. Dapat Membantu Mengurangi Risiko Demensia

Fungsi lain dari Vitamin C ini adalah dapat mengurangi resiko demensia dan menjaga fungsi otak. Demensia ini sendiri merupakan sebuah istilah yang biasanya digunakan untuk mendeskripsikan gejala kesulitan berpikir dan juga mengingat. Beberapa studi menemukan jika penderita demensia memiliki level vitamin C yang jauh lebih rendah dalam darah. Sedangkan asupan vitamin C yang tinggi dari sebuah makanan atau suplemen dapat membantu melindungi kemampuan berpikir dan mengingat seiring dengan bertambahnya usia.

Setelah mengetahui manfaat dari vitamin C, maka saatnya mengetahui beberapa sumber makanan yang mengandung sumber vitamin C seperti :

  1. Jambu Biji yang mengandung vitamin C tinggi sekitar 125 miligram dan setara dengan 140 persen angka kebutuhan vitamin C harian.
  2. Jeruk yang dikenal baik sebagai sumber vitamin C yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi vitamin C harian.
  3. Stroberi yang mengandung vitamin C yang tidak kalah tinggi dari buah jeruk.
  4. Cabai Merah yang juga mengandung vitamin C cukup tinggi.
  5. Kiwi yang juga mengandung vitamin C tinggi yaitu sekitar 93 miligram per 100 gram sajian.
  6. Brokoli yang mengandung vitamin C sekitar 100 miligram atau lebih besar dari jeruk yang hanya sekitar 89 miligram.
  7. Bayam yang mengandung vitamin C sebesar 28,1 miligram per 100 gram sajian.

Itulah 10 manfaat vitamin C dan sumbernya. Jadi kamu wajib mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

News Feed