by

Mengenal Apa Itu Kolagen Secara Benar

Pastinya kita juga pernah muda dan pada saat kita muda, kolagen dalam tubuh itu sangat berlimpah ruah. Itulah sebabnya anak-anak memiliki kondisi rambut indah berkilau dan juga kulit yang bagus. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia kita, maka produksi kolagen juga menurun. Karena kondisi kulit kita pun melemah, sehingga menyebabkan munculnya garis-garis halus dan kerutan. Kemudian manfaat kolagen juga bisa dirasakan oleh kekuatan tulang.

Adanya kandungan kalsium yang berperan besar untuk menjaga kepadatan mineral tulang. Akan tetapi apakah kamu tahu bahwa Kolagen tersebut juga turut berperan? Karena kombinasi antara kalsium dan kolagen akan membuat tulang semakin kuat dan fleksibel, karena kombinasi ini juga mampu menahan tekanan dari beban yang kita pikul. Lalu seperti apa sih kolagen ini dan apa manfaat kolagen yang khusus bagi kesehatan? Berikut ulasannya:

Apa sih Kolagen itu?

Kolagen adalah salah satu jenis protein yang berfungsi untuk memberi kekenyalan, kemudian peregangan, serta struktur pada kulit. Kolagen juga bisa ditemukan di sistem pencernaan, tulang, otot, tendon, dan pembuluh darah.

Bukan hanya itu, ada juga manfaat kolagen yang sering dibahas di dunia kecantikan yakni untuk mengencangkan kulit serta membuatnya tampak lebih sehat, kencang, elastis, dan juga halus. Akan tetapi, semakin usia kita bertambah, maka semakin sedikit juga produksi kolagen yang dikeluarkan oleh tubuh. Maka akan terjadi kerutan halus serta kulit akan terlihat lebih kendur. Apalagi produksi kolagen juga sangat berpengaruh pada kesehatan tulang, sendi, dan juga otot.

Kolagen yang memiliki banyak manfaat dan juga sebagai jenis protein ini sering juga ditambahkan dalam produk kecantikan serta kesehatan sebagai asupan tambahan. Saat ini sudah banyak juga makanan yang mengandung kolagen alami yang perlu dikonsumsi jika ingin kesehatan dan penampilan kamu tetap oke dan fit.

Jenis Kolagen serta Fungsinya dalam Tubuh

Setidaknya ada 16 jenis kolagen dengan empat tipe utama yakni Tipe I, II, III, hingga IV. Di bawah ini adalah penjelasan tentang empat tipe kolagen utama serta manfaat kolagen tersebut untuk tubuh:

Tipe I

Pada tipe I dapat menyumbang 90% kolagen untuk tubuh dan terbuat dari serat yang padat. Kolagen Tipe I ini juga memberikan struktur pada tulang rawan fibrosa, tulang, kulit, tendon, jaringan ikat, dan gigi.

Tipe II

Tipe kolagen II ini yang terbuat dari serangkaian serat tapi tidak terlalu padat. Umumnya ditemukan pada tulang rawan elastis yang juga berperan sebagai bantalan pada sendi.

Tipe III

Pada tipe III ini memiliki manfaat kolagen ini yang dapat mendukung struktur organ, arteri, serta otot.

Tipe IV

Tipe ini sebagai jenis kolagen yang dapat membantu filtrasi. Tipe IV ini juga dapat ditemukan pada lapisan kulit.

Dengan seiring bertambahnya usia, tubuh pastinya akan menghasilkan kolagen lebih rendah serta dengan kualitas yang menurun. Karena salah satu tanda penurunan kolagen dapat dilihat dari kulit yang kurang kencang serta kenyal dan juga tulang rawan yang melemah. Tulang rawan ini juga dapat membantu mengurangi gesekan antara tulang satu dengan tulang yang lainnya saat kita bergerak.

Tahun kamu bahwa bagian utama dari tulang rawan adalah kolagen? Untuk itu mengonsumsi kolagen dalam makanan kita sehari-hari akan membantu menjaga ketebalan tulang rawan. Kemudian manfaat kolagen juga sangatlah penting untuk kesehatan dan juga penampilan.

Nah, mungkin kamu sudah tahu tentang apa sih kolagen itu yang telah saya jelaskan di atas, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

News Feed