by

Mengenal Rumus Simple Present Tense Bahasa Inggris

Rumus simple present tense terdiri atas beberapa rumus. Simple present tense sendiri Biasa digunakan untuk menyatakan sebuah fakta, kebiasaan, kebenaran umum, situasi permanen. Simple present tense sendiri memiliki rumus yang dibagi atas tiga yaitu kalimat positif, kalimat negatif dan kalimat tanya.

Masing-masing dari rumus ini harus dipahami dengan seksama dan jelas agar nantinya tidak kesulitan dalam merangkai kalimat simple present tense. Untuk mengetahui apa saja komponen dalam setiap rumus, simak selengkapnya di bawah ini.

Rumus Kalimat Positif

Pertama adalah rumus kalimat positif yang memiliki pola berupa subject + to be (is/am/are) + adjective atau noun. Sebagai contohnya adalah I’m a student, you are a teacher. Sementara pola lainnya adalah subject + verb one (-s/-s/-ies) + object. Sebagai contohnya adalah I teach geography  you teach physic.

Rumus Kalimat Negatif

Selanjutnya ada rumus kalimat negatif yang juga memiliki pola. Pola ini perlu dipahami karena berbeda dengan kalimat positif ataupun kalimat tanya. Rumus dari pola tersebut adalah subject + to be (is/am/are) + not + adjective atau noun. Sebagai contoh kalimatnya yaitu I am not a pilot dan dan you are not a tailor. Pola lainnya yaitu subject + do atau does + verb1 +  object. Contohnya I don’t teach physic dan you don’t teach math.

Selain itu perlu dicatat bahwa gunakan do not (don’t) untuk subjek berupa I, You, We, They. Sementara itu, gunakan does not (doesn’t) untukbHe, She, It.

Rumus Kalimat Tanya

Kalimat tanya juga memiliki pola yang bisa dipelajari yaitu pola to do (is/am/are)+subject+adjective/noun. Contohnya yaitu AmI a student? Are you a tailor? Pola lainnya yang bisa digunakan yaitu Do/Does+subject+verb1+object. Sebagai contohnya adalah do I teach physic dan do you teach geography.

Berbicara seputar rumus simple present tense di atas maka kamu bisa melihat bahwa terdapat beberapa bagian yang perlu dipahami. Penggunaan simple present tense ini juga akan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, jika menginginkan pemahaman yang lebih baik tentang hal ini diperlukan proses belajar bahasa Inggrisnya yang baik pula. Tidak peduli berapapun usia yang pastinya belajar tapi bisa dilakukan.

Sekarang hari khusus bahasa Inggris untuk dewasa yaitu EF Adults. EF Adults, kursus kilat bahasa Inggris yang mencari tempat belajar bahasa Inggris dengan berbagai keunggulan. Keunggulan yang ditawarkan adalah gratis paket grammar e-book yang dapat membantu untuk belajar main digambar dengan lebih mudah di mana saja.

Selain itu terdapat gratis konsultasi dan tes bahasa Inggris gratis guna mengukur kemampuan bahasa Inggris. Hasilnya juga bisa dikonsultasikan dan tim dari EF Adults siap membantu. Tidak kalah pentingnya lagi terdapat kelas trial gratis untuk semua kalangan dan level kemampuan berbahasa Inggris.

Bersama EF Adults, juga berkesempatan untuk diajar oleh native teacher, private class, jam yang fleksibel, group class, student’s club dan kelas online 24/7. Tunggu apa lagi daftarkan dirimu segera di EF Adults dan rasakan banyak kemudahannya dalam belajar berbahasa Inggris.