by

Meraih Aspirasi Keuangan melalui Investasi ORI bersama DBS Treasures

Anda pasti sudah paham pentingnya investasi bagi masa depan Anda dan keluarga. Investasi adalah salah satu cara dalam meraih aspirasi finansial yang Anda inginkan. Mungkin sebagian dari Anda sudah melakukan investasi baik dalam bentuk deposito, properti, ataupun emas.

Investasi memang penting karena bertindak sebagai jaring pengaman untuk masa depan Anda. Tetapi yang lebih penting adalah salah satu bentuk wealth management, yaitu mendiversifikasikan investasi yang Anda miliki. Seperti kata pepatah “don’t throw your money in one basket”, begitu pula dengan investasi. Usahakan untuk memiliki diversifikasi produk investasi. Dengan memiliki berbagai jenis investasi, Anda pun dapat memperoleh keuntungan lebih besar sekaligus mengamankan kekayaan Anda apabila terjadi resiko investasi.

Salah satu investasi yang bisa Anda pertimbangkan adalah Obligasi Ritel Indonesia atau sering dikenal dengan ORI. ORI merupakan salah satu instrumen dari Surat Berharga Negara (SBN) yang dikeluarkan oleh pemerintah dan ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia (WNI) melalui Mitra Distribusi di Pasar Perdana.

Pemerintah kembali menawarkan ORI dengan serinya yang ke-17 sebagai salah satu cara dalam mengembangkan portofolio Anda. Selain itu, Anda juga berpartisipasi membantu pemerintah membiayai penanganan & pemulihan kondisi negara dalam menghadapi pandemi saat ini. Sebagai Nasabah DBS Treasures, Anda dapat melakukan pembelian ORI melalui Aplikasi digibank by DBS.

ORI berbentuk tanpa warkat (scripless), dan dapat diperdagangkan di pasar sekunder dan hanya antar investor domestik yang mengacu pada digit ketiga kode Nomor Tunggal Identitas Pemodal (Single Investor Identification/SID).

Pembayaran Kupon dilakukan pada tanggal 15 setiap bulannya. Kupon pertama dibayarkan tanggal 15 Agustus 2020. Dalam hal tanggal pembayaran kupon bukan pada hari kerja, maka pembayaran kupon dilakukan pada hari kerja berikutnya tanpa kompensasi bunga. Hari kerja adalah hari di mana operasional sistem pembayaran diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

ORI memiliki Minimum Holding Period (MHP) sebanyak 2 (dua) kali periode pembayaran kupon. Holding Period adalah periode dimana Investor ORI belum boleh memindahbukukan kepemilikan ORI-nya.

Ada banyak keuntungan berinvestasi ORI yang bisa Anda terima, di antaranya adalah:

  • Kupon dan Pokok dijamin oleh Undang-Undang
  • Kupon dengan tingkat bunga tetap sampai pada waktu jatuh tempo
  • Dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder (antar Investor Domestik).
  • Berpotensi memperoleh capital gain.
  • Kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN
  • Kupon dibayar setiap bulan
  • Anda sebagai investor akan turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional

Apabila Anda berminat untuk berinvestasi di ORI, Anda dapat mengunjungi website ini, atau juga menghubungi Relationship Manager Anda yang akan selalu siap membantu Anda.

News Feed